Top Menu

Cara Bikin Sepatu Tanpa Menggunakan Mesin Khusus


Proses bikin sepatu memiliki banyak cara namun anda sebenarnya bisa membuat sepatu sendiri ala home industry. Mungkin cara ini akan sedikit sulit untuk yang baru ingin mencobanya namun anda akan mulai terbiasa jika sudah mencobanya beberapa kali.



Barang yang Diperlukan Untuk Bikin Sepatu

Sebelum mulai membuat sepatu, terdapat barang perlengkapan yang perlu disediakan terlebih dahulu. Anda bisa membeli peralatan yang diperlukan di toko khusus menjual bahan baku sepatu. Berikut peralatan dan bahan untuk bikin sepatu beserta cara pembuatannya :

Bahan :
·    Benang nilon
·    Bensin
·    Bontek (alas dalam untuk pasangan penempelan kap sepatu)
·    Kertas pengeras
·    Kulit atau bahan lain untuk kap sepatu
·    Lem kuning
·    Lem putih
·    Pen khusus
·    Sol sepatu

Peralatan :
·    Cetakan sepatu dari kayu/plastik yang menyerupai kaki
·    Kompor dan minyak tanah
·    Mesin Gerinda jika sepatu terbuat dari kulit
·    Mesin jahit
·    Mesin seset
·    Open sederhana
·    Paku khusus pembuatan sepatu
·    Palu khusus pembuatan sepatu
·    Pisau seset
·    Tang jepit

Langkah-Langkah Bikin Sepatu

1.    Gambar pola bikin sepatu terlebih dahulu dengan pen khusus yang telah disediakan di atas bahan yang akan dijadikan kap sepatu kemudian potong bahan mengikuti pola yang telah digambar dengan hati-hati agar hasil potongan akan tetap rapi dan bagus.

2.    Satukan potongan-potongan tersebut dengan cara dijahit menggunakan benang nilon mengikuti pola hingga berbentuk seperti kap sepatu. Pastikan untuk menjahitnya dengan rapi agar tetap kuat. Apabila anda menggunakan bahan kulit yang tebal maka sebaiknya anda menggunakan mesin seset untuk menipiskan dan meratakan bagian yang ingin dijahit sehingga tidak menonjol dengan bagian lainnya.

3.    Oleskan lem kuning di bagian bawah kap sepatu dengan tinggi kurang lebih 5 mm.

4.    Ambil bontek yang telah digunting menyerupai bagian dalam sol sepatu kemudian gunakan lem kuning pada sekeliling bontek kemudian dipaku dengan paku khusus pada cetakan sepatu.

5.    Pasang kertas pengeras pada bagian depan dan bagian belakang kap sepatu agar bagian tersebut nantinya bisa menjadi kaku. Namun sebelum memasang kertas pengeras, basahi kertas pengeras terlebih dahulu dengan bensin. Hal ini agar kertas pengeras menjadi lembek untuk sementara waktu.

6.    Segera masukkan kap sepatu yang telah dipasang kertas pengeras ke dalam certakan sepatu dan pasang kap pada cetakan sepatu.

7.    Tarik sekeliling kap sepatu ke bawah kemudian tempelken ke bontek yang sebelumnya sudah dipasang ke cetakan sepatu dengan menggunakan tang khusus. Gunakan palu untuk memasang kap dan bontek agar dapat menempel dengan baik.

8.    Apabila sepatu sudah terbentuk dan cetakan sudah dibalut dengan kap kulit, biarkan selama minimal 6 jam agar lem dan pengeras dapat bekerja dengan maksimal.

9.    Periksa sepatu setelah 6 jam, lihat apakah bagian bawah hasil cetakan memiliki tonjolan bahan. Jika tidak rata, rapikan dengan menggunakan pisau seset.

10.  Ambil sol sepatu kemudian oleskan dengan lem putih yang juga dioleskan pada bagian bawah kap sepatu dengan hasil cetakan tadi dengan keadaan cetakan sepatu masih di dalam kap sepatu. Diamkan sekitar 10-15 menit hingga lem putih mengering.

11.  Langkah terakhir bikin sepatu yaitu memasang sol dan kap. Nyalakan kompor dengan api kecil dan siapkan alat open sederhana pada atas kompor. Gunakan alat open pada sol sekitar kurang lebih 1 menit, apabila sol sudah mulai lentur, segera ambil dan tempel bagian bawah kap sepatu yang terdapat pada cetakan sepatu.

Deskripsi : bikin sepatu dapat dilakukan tanpa mesin khusus seperti mesin di pabrik karena bisa dibuat sendiri ala home industri.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates