Top Menu

Punya Keresahan? Coba Cara Buat Bisnis Startup Sendiri Ala Kadin


deskripsi: Kadin memberikan saran tentang cara buat bisnis startup sendiri mulai dari nol. Di mana semua berawal dari keresahan kamu sehari-hari. Bagaimana bisa?
Perusahaan startup menjamur di mana-mana, mulai dari yang kecil hingga yang sudah berstatus unicorn. Sebenarnya setiap orang tahu bagaimana cara buat bisnis startup mereka sendiri dengan bermodalkan ‘keresahan’. Namun, Kadin punya sedikit saran agar Indonesia mendapatkan lebih banyak manfaat dari perusahaan startup lokal.
Sebelum berpikir tentang bagaimana mendaftarkan startup kamu ke Kadin Indonesia, cari dulu idenya. Mulai dengan beberapa langkah awal untuk membuat konsep sederhana yang bisa diwujudkan ke dalam bentuk startup. Untuk itu, coba simak langkah demi langkahnya berikut ini.

1. Mencari Akar Masalah dari Keresahan Sehari-hari

Secara sederhana, perusahaan startup adalah solusi untuk keresahan sehari-hari dengan memanfaatkan teknologi. Maka dari itu, pertama-tama cobalah kamu cari keresahan apa yang semakin hari membuat masyarakat merasa tidak nyaman. Lalu cobalah mencari ide untuk mengatasinya dengan bantuan teknologi.
Sebagai contoh startup Uber, yang pada awalnya dibuat karena kesulitan sang kreator ketika hendak memesan taksi. Di satu sisi, masyarakat di sekitar ternyata juga merasakan keresahan yang sama.

2. Pilih Rekan Kerja yang Tepat

Membangun startup bukanlah bisnis yang bisa diatasi sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu mengajak setidaknya satu rekan bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi. Salah dalam memilih rekan bisa membuat sebuah startup gagal karena beda tujuan.
Kemudian setidaknya dalam tim tersebut setiap orang harus memiliki keahlian yang berbeda. Adapun keahlian paling mendasar yang umumnya dibutuhkan untuk mendirikan startup adalah IT, desain dan tentunya marketing.

3. Mengikuti Pelatihan

Cara membuat startup sukses berikutnya adalah dengan mengikuti pelatihan Ini bisa dilakukan ketika kamu sudah memiliki startup atau sebelumnya, tergantung situasi. Tetapi dengan ikut pelatihan maka kamu bisa mendapat lebih banyak informasi dan saran untuk menjalankan perusahaan startup.
Jika kamu adalah anggota, ini akan menjadi lebih mudah. Pasalnya, setiap anggota Kadin Indonesia memiliki informasi tentang diklat atau pelatihan bisnis. Banyak juga informasi tentang pameran atau acara-acara seminar yang bisa kamu ikuti.

4. Mulai Mencari Solusi

Setelah memiliki bekal yang cukup, mulai startup dengan melakukan riset masalah yang kamu bawa. Sebagai contoh lain, kamu punya masalah tentang pembuangan sampah di komplek perumahan. Maka coba riset lebih dalam tentang alur pengambilan sampah dari rumah-rumah dan di mana mereka berakhir.
Setelah itu yang harus dicari adalah bagaimana cara buat bisnis startup kamu agar dapat menjadi solusi untuk masyarakat. Diskusikan ini dengan tim dan libatkan masyarakat untuk menemukan solusi yang paling pas. Setelah itu, terapkan ilmu yang didapat dari diklat atau seminar yang diadakan Kadin atau pihak lain.

5. Mencari Modal Awal untuk Membangun Bisnis

Modal sebenarnya bisa berasal dari mana saja, baik dana pribadi atau tim asal sudah disepakati. Bisa juga berasal dari pinjaman yang sudah diperhitungkan matang-matang. Ini penting karena akan berpengaruh terhadap kelangsungan startup kamu ke depannya.
Jalan lainnya adalah menjalin relasi dengan rekan bisnis atau perusahaan lain. Di sinilah keuntungan lain menjadi anggota Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Kamu bisa mendapatkan jaringan dari sesama anggota, baik dari daerah maupun luar daerah.

Startup Lokal Membuat Masyarakat Lebih Produktif

Selain menjadi solusi atas suatu masalah, sebenarnya startup juga membuat masyarakat jadi lebih produktif.
Contoh nyatanya adalah keberadaan ojek online. Sebenarnya ini adalah sebuah ide sederhana yang dieksekusi secara luar biasa sehingga sangat membantu masyarakat. Di satu sisi membuka banyak lowongan kerja, di sisi lain masyarakat jadi lebih produktif karena kemudahan transportasi.
Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana tata cara buat bisnis startup, bergabunglah dengan Kadin Indonesia. Ada banyak hal positif yang bisa dipetik dengan menjadi anggotanya seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates