Top Menu

Pengertian Dwarfisme atau Biasa Disebut dengan Cebol

Dwarf adalah makhluk seperti manusia dalam mitologi Nordik yang memiliki tubuh lebih pendek dari manusia normal namun bukan berarti bahwa Dwarf adalah cebol. Kata Dwarf ini juga digunakan dalam istilah Dwarfisme.
Sebuah kondisi dimana seseorang tidak dapat tumbuh dengan normal layaknya manusia biasa pada umumnya atau sering disebut dengan kerdil. Kondisi kerdil ini dikarenakan terdapat kekurangan hormon pertumbuhan. Orang yang mengalami kondisi hanya dapat tumbuh hingga tinggi mencapai 1, 25 - 1, 40 meter saja.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi kerdil ini akan diberikan penjelasan mengenai definisi dari Dwarfisme dan juga gejala yang mempengaruhi terjadinya kondisi ini.

Definisi Dwarfisme
Definisi Dwarfisme dalam dunia kesehatan adalah suatu keadaan kelainan serta ditandai dengan tubuh yang pendek. Kondisi ini dapat terjadi karena kelainan medis atau karena secara genetis. Seseorang bisa dibilang mengalami kondisi ini apabila tinggi badannya hanya mencapai 147 cm atau bisa kurang dari tinggi tersebut.
Kondisi ini lebih sering terjadi karena faktor genetis, jika orang tua mengalami kondisi tubuh kerdil ini maka gen yang menurun kepada anaknya juga akan sama, sehingga anak yang dilahirkan nanti juga memungkinkan untuk bisa mengalami kondisi tubuh kerdil ini. Karena kondisi ini orang yang mengalaminya tidak akan bisa tumbuh tinggi seperti pada orang normal.
Gejala Dari Dwarfisme
Kondisi tubuh yang kerdil ini dapat diketahui dari gejala - gejala yang terjadi pada tubuh orang yang menderita kondisi ini. Penderita tubuh kerdil ini memiliki tubuh yang tidak proporsional. Ukuran tubuh sebenarnya normal hanya saja pada tungkainya sangat pendek dari orang normal biasanya. Tidak hanya itu, ukuran kepala dari penderita kondisi ini juga terkadang terlihat lebih besar.
Berikut ini adalah gejala - gejala seseorang mengalami kondisi tubuh kerdil ini :
Penderita yang sudah dewasa hanya memiliki ukuran tubuh yang hanya mencapai tinggi 90 - 120 cm, pada kasus lain ada juga yang lebih tinggi hingga mencapai 150 cm.
Ketika pada masa anak - anak, pertumbuhannya lebih lambat dari anak - anak yang lain, dan memiliki tinggi badan yang hanya sepertiga  di bawah standar.
Memiliki ukuran kepala yang terlihat lebih besar dengan bentuk tubuh yang tidak proporsional, memiliki dahi yang menonjol dengan bagian atas hidung yang rata.
Gejala yang berikutnya adalah penderita ini memiliki tulang pipi yang rata, dan terjadi penumpukan cairan otak.
Terkadang orang yang mengalami kondisi ini akan mengalami gangguan pengelihatan serta gangguan pendengaran, memiliki bentuk leher yang pendek.
Mengalami kelainan pada bentuk tulang belakang, yang ditandai dengan tulang belakang yang miring atau bungkuk yang bisa mengakibatkan keluhan syaraf.
Memiliki bentuk dada yang luas dan juga bulat, dan ukuran tungkai lengan hingga kaki memiliki ukuran yang pendek.
Mobilitas yang terbatas pada bagian siku, tungkai biasanya berbentuk huruf O dan sering mengalami nyeri pada lutut hingga ke pergelangan kaki.
Ketika memasuki usia remaja, orang yang mengalami gejala ini biasanya pada organ kelamin tidak dapat berkembang dengan baik, namun ini bukan berarti organ kelaminnya tidak dapat berfungsi dengan normal hanya saja perkembangannya tidak seperti orang yang normal pada biasanya.
Demikianlah pengertian dari Dwarfisme atau kondisi dimana tubuh seseorang tidak dapat bertumbuh seperti pada orang normal pada umumnya.

Referensi :
https://www.alodokter.com/dwarfisme
https://id.wikipedia.org/wiki/Kerdil

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates