Top Menu

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil

Mau janin sehat? Anda tentunya tidak disarankan makan makanan sembarangan. Bahkan makanan sehat saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda. Misalnya Anda disarankan minum susu Prenagen selama masa kehamilan agar mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Di samping itu, pastikan Anda juga menghindari sejumlah makanan berikut ini.




Jenis-jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Dilansir dari Mayo Clinic, ada sejumlah makanan yang wajib dihindari karena mengancam kesehatan bayi.Berikut adalah ringkasannya:

Seafood Dengan Kadar Merkuri Tinggi

Seafood sejak dulu diagung-agungkan sebagai sumber protein dan omega-3. Asam lemak yang terdapat pada ikan terbukti sangat baik untuk pertumbuhan otak dan mata. Sayangnya, dengan kadar polusi di laut yang semakin tinggi saat ini, banyak sekali ikan dan kerang yang berpotensi mengancam kesehatan karena kandungan merkurinya. Semakin besar dan tua ikannya, kemungkinan besar kandungan merkurinya semakin tinggi. Menurut FDA dikutip dari situs Mayo Clinic, sebaiknya Anda menghindari jenis-jenis ikan seperti:

        King mackerel
        Hiu'
        Tilefish
        Bigeye tuna
        Orange roughy
        Swordfish 

Lalu bagaimana cara memilih ikan yang sehat? Perlu Anda ingat bila beberapa ikan memiliki kandungan merkuri yang lebih rendah dan disarankan mengkonsumsi sekitar 224-336 gr  saja dalam seminggu selama masa kehamilan. Misalnya salmon, catfish, sarden, udang dsb.

Seafood Mentah Atau Setengah Matang

Ada sejumlah kuliner seafood yang lebih sedap bila dikonsumsi mentah atau setengah matang. Pastikan Anda menghindari sejumlah makanan berikut:

        Ikan atau kerang mentah misalnya sushi, kerang mentah, sashimi atau scallops.
        Hindari makanan setengah matang dengan memasaknya sendiri di rumah.
        Pastikan Anda memakan ikan dari sungai atau tempat yang bersih dan tidak terkena polusi.
        Masak ikan sampai matang.

Hindari Juga Telur, Daging dan Unggas Setengah Matang

Selama masa kehamilan, sistem kekebalan tubuh Anda cenderung menurun sehingga kemampuannya untuk melawan penyakit termasuk bakteri juga akan berkurang. Nah, hindarilah dengan mengkonsumsi makanan yang benar-benar masak. Jika ragu, hindari sebisa mungkin. Hal ini untuk menghindari infeksi bakteri atau virus dari makanan, terutama belakangan sejumlah virus mematikan muncul dari binatang yang tidak dimasak dengan baik.

Makanan Yang Tidak Terpasteurisasi

Makanan ini termasuk blue cheese, brie dan feta. Biasanya ada label pasteurized atau unpasteurized. Jadi jika Anda gemar makan mozarella, skim milk, cottage cheese dsb, pastikan Anda melihat labelnya dulu.

Buah Dan Sayur Yang Tidak Dicuci

Untuk menghindari bahaya bakteri, cucilah buah dan sayur dengan baik. Sebisa mungkin hindari sayuran mentah seperti kecambah, lobak, semanggi. Bila Anda benar-benar  ingin memakannya, masak dengan baik atau sekalian hindari.

Hindari Kafein Atau Tidak Sama Sekali

Meskipun caffein dipercaya sangat baik untuk kesehatan, tapi manfaatnya untuk janin masih belum jelas. Lebih amannya, sebaiknya kurangi konsumsi kafein maksimal 200 miligram saja per hari. Atau lebih disarankan Anda menghindarinya.

Jangan Minum Teh Herbal

Teh herbal merupakan minuman ampuh untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya Anda menghindari aneka macam teh herbal kecuali disarankan oleh dokter. Meskipun ada produk yang mengklaim aman untuk wanita hamil, ada baiknya dihindari.

Berhenti Minum Alkohol

Alkohol tidak baik untuk perkembangan janin. Alkohol terbukti memperbesar resiko keguguran dan mengurangi kecerdasan si kecil. Bila Anda telah hamil dan masih minum alkohol, sebaiknya berhenti mulai sekarang.

Nah, itulah sejumlah hal yang harus Anda hindari ketika hamil. Tidak ada salahnya mulai hidup sehat karena jangka panjangnya Anda yang merasakan.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates