Top Menu

Tanya Dokter Kulit Tentang Jerawat: Berikut Makanan yang Perlu Dihindari Agar Jerawat Sembuh


Jerawat merupakan suatu masalah pada kulit wajah yang sering terjadi, memberikan rasa tidak nyaman pada wajah dan menurunkan rasa percaya diri. Jerawat dapat dialami oleh siapa saja namun biasanya dialami oleh remaja pada usia 10 hingga 13 tahun dan paling buruk terjadi pada kulit yang berminyak, dapat juga terjadi pada anak-anak dan bayi. Jerawat juga dialami pada usia 20 tahun dan hingga 30 tahun terutama untuk wanita. Masalah jerawat ini dapat di tanya dokter kulit tentang jerawat baik itu dari segi alat kosmetik hingga perawatan harian yang digunakan.



Jerawat tumbuh pada seluruh tubuh namun terjadi di wajah, dada, punggung, bahu yang memberikan bintik dengan warna putih maupun hitam. Komedo hitam kemudian berada dipermukaan kulit dan membuatnya memiliki tekstur yang keras. Bentuk jerawat terparah seperti pustula dengan benjolan berukuran kecil yang memiliki nanah, papula dengan benjolan kecil kemerahan, nodul dengan benjolan keras dan terasa menyakitkan dan kista yang merupakan benjolan berisi nanah. Penyebab jerawat biasanya dikarenakan oleh produksi sebum berlebih yang memproduksi minyak pada kulit kering, sumbatan di folikel rambut dan tersumbat pada sel kulit mati, bakteri yang berkembang dan hormon yang menyebabkan jerawat.

Berikut adalah makanan yang dihindari jika ingin sembuh dari jerawat diantaranya:

  • Produk olahan susu non organic yang membuat jerawat semakin parah dan menyebabkan pigmentasi dan dihindari selama jerawat sembuh.
  • Makanan maupun minuman manis karena tingginya indeks glikemik tinggi di wajah akan menutup pori kulit dan menyebabkan jerawat.
  • Nasi dan roti dengan makanan yang memiliki glukosa sebagai karbohidrat sehingga meningkatkan level pada insulin.
  • Makanan cepat saji tidak memiliki gizi dan biasanya memiliki kandungan gula yang tidak baik untuk wajah yang berjerawat.
  • Coklat dengan kandungan gula dan susu membuat campurannya tidak baik untuk kulit yang sedang bermasalah.

Untuk menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan menggunakan masker dari air dan soda kue. Masker tersebut dicampurkan hingga mengental, kemudian diaplikasikan pada wajah yang bersih, lalu dibiarkan selama 15 menit dan dibilas menggunakan air hangat. Dapat menggunakan alpukat dan madu dengan mencampurkan kedua bahannya lalu mengolesnya pada wajah untuk menyembuhkan bekas jerawat dengan cara yang mudah. Begitu juga dengan masker menggunakan yogurt dan susu yang dapat menghilangkan kulit mati penyumbat pori-pori dan dibilas dengan menggunakan air hangat. Masker dengan lemon dengan air perasannya kemudian dioles pada wajah selama 15 dan dicampurkan pada madu.

Berikut adalah makanan untuk membantu mengurangi jerawat diantaranya:

  • Lemak ikan untuk mengurangi peradangan menjadi asupan untuk dapat melawan noda jerawat.
  • Kadang memberikan kandungan yang baik untuk tubuh seperti vitamin E, mangan, kalium, kalsium dan zat besi.
  • Anggur merah yang dapat mengobati kulit, mengontrol efek dari alergi terutama pada wajah.
  • Adas merupakan sayuran yang meningkatkan fungsi pada pencernaan manusia dan mampu menjadi penghilang racun dalam tubuh manusia.
  • Artichoke yang memiliki antioksidan dan vitamin c yang membuat wajah lebih sehat.

Berdasarkan tanya dokter kulit tentang jerawat, beras merah dapat mengurangi stress pada kulit sehingga membuat jerawat tidak muncul. Bawang putih yang memiliki bahan kimia alami dalam memerangi bakteri yang tidak baik untuk kulit. Brokoli dengan kandungan vitamin C, E, K, A, B untuk melawan radikal bebas. Wortel untuk menjaga kulit tetap sehat dan mencegah terjadinya jerawat.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates