Top Menu

Ingin Ganti oli motor sendiri? Bisa! Ini Tipsnya!


Oli yang ada dalam mesin motor diibaratkan seperti darah yang ada dalam tubuh manusia. Fungsi daripada oli ini yakni untuk membantu kelancaran sirkulasi dalam menis. Cairan ini berfungsi sebagai pendingin dan juga pelumas mesin. Jika oli ini tidak kunjung diganti, maka akan sangat berpengaruh terhadap peforma kendaraan Anda. Itulah sebabnya, Anda sangat disarankan untuk melakukan perawatan ini secara rutin dan tentunya menggunakan oli yang berkualitas, seperti ganti oli motor dengan Idemitsu.



                Ada dua hal penting yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik kendaraan berkaitan dengan ganti oli. Pertama yakni periode ganti oli dan yang kedua takaran. Untuk lebih detailnya, kita bahas satu per satu, ya!

1.    Periode Ganti Oli Motor

Setiap pabrikan umumnya telah menyarankan untuk melakukan penggantian oli secara periodic sesuai dengan jarak pemakaiannya. Aturan waktu dan jarak yang tepat untuk penggantian oli ini bisa Anda lihat pada buku manual yang diberikan saat pembelian motor. Namun aturan tersebut masih bisa berubah tergantung dari kondisi saat motor digunakan.
Misalnya, pabrikan menyarankan untuk mengganti oli setiap 4.000km.[V1] Jika Anda tinggal di kota besar yang notabene jalanannya macet dan tingkan mobilitas Anda cukup tinggi, maka lebih baik mengganti oli setiap 2.000km. Alasannya karena kondisi jalanan yang macet akan membuat kinerja dari motor lebih berat. Motor bekerja dengan rpm yang tinggi tapi sebaliknya, kecepatannya justru rendah. Bahkan pada kondisi yang sangat macet, mesin akan dipaksa untuk tetap menyala dalam kondisi berhenti.

2.    Takaran oli      

Jika Anda melakukan ganti oli di bengkel, maka Anda tidak perlu pusing memikirkan takaran oli karena hal ini dilakukan oleh ahlinya sehingga mereka sudah paham mengenai hal ini. Namun jika Anda memilih untuk melakukannya sendiri di rumah, ada baiknya jika benar-benar memerhatikan takaran oli. Pengisian oli haruslah sesuai takaran, sayangnya banyak orang yang mengindahkannya. Padahal, mengisi oli secara berlebihan atau kurang dari yang dibutuhkan tetap dapat memberi efek buruk pada mesin dan performa motor Anda.

                 Cara mengganti oli motor

                Jika Anda berencana untuk mengganti oli motor sendiri, maka ada tips yang perlu diperhatikan, yaitu:
  1. Gantilah oli motor ketika mesin masih panas karena ketika ini oli masih encer sehingga lebih mudah mengalir keluar.
  2. Sandarkan sepeda motor menyamping untuk memudahkan oli mengalir keluar
  3. Buka baut oli lalu keluarkan saringan oli. Baut ini biasanya terletak dibagian bawah mesin
  4. Siapkan wadah dan fungsikan sebagai penampung oli bekas
  5. Buka baut pada lubang pengisian
  6. Gunakan kompresor untuk membantu sisa oli terbuang habis
  7. Bersihkan saringan dan rotor saringan oli sebelum diisi dengan oli kembali
  8. Pasanglah saringan oli dan juga baut penutup pada lubang pembuangan oli
  9. Isilah bak mesin menggunakan oli mesin Idemitsu
  10. Pasang lagi baut pengukurnya
  11.  Nyalakan mesin motor dan biarkan tetap hidup selama beberapa menit
  12. Setelah dirasa cukup matikan mesin lantas sandarkan motor dalam posisi tegak
  13. Terakhir, periksa ulang bahwa ketinggian permukaan oli telah mencapai batas atas

Itulah dua hal yang perlu diperhatikan beserta tips atau cara mengganti oli sendiri. Jika masih ragu untuk mengganti sendiri, ada baiknya untuk menghubungi bengkel terdekat untuk membantu Anda.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates